Ditulis pada tanggal 22 November 2017, oleh Humas FISIP, pada kategori Berita, Kegiatan

Workshop 2b

Senin 20 November 2017, Program Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial llmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) menyelenggarakan “Workshop Penulisan dan Klinik Artikel Jurnal Internasional”. Acara yang diikuti oleh seluruh mahasiswa magister Ilmu Komunikasi FISIP UB tersebut menghadirkan dua dosen kredibel FISIP UB yang telah memiliki terbitan jurnal yang terindeks scopus. Scopus sendiri merupakan sebuah pusat data terbesar di dunia yang mencakup puluhan juta literatur ilmiah yang terbit sejak puluhan tahun yang lalu hingga saat ini, selain itu scopus juga dinilai sebagai salah satu penerbit literatur ilmiah internasional seperti jurnal yang sangat kredibel.

Dua dosen terbaik dari FISIP yang menjadi pembicara dalam rangkaian acara selama dua hari tersebut yakni Ali Mahsuri, M.Sc dan Rachmat Kriyantono, Ph.D. Di hari pertama, kedua pembicara memberikan materi tentang tips-tips penulisan, memilih jurnal, teknik referencing dan aplikasi software Mendeley. Sedangkan pada hari kedua, peserta melakukan praktek menulis artikel. Praktek tersebut bertujuan untuk mendapatkan masukan dan saran dari pembicara.

Ali Mahsuri yang saat ini tengah menyelesaikan studi doktoralnya di Leiden University Belanda selaku pembicara pertama menjelaskan bahwa penulis harus memiliki mentalitas yang positif dan mengembangkan sikap “writing as masochistic effort”.“Seorang penulis harus mengasah kemampuan bahasa Inggris dengan baik dan memahami membangun sebuah penelitian yang berkualitas melalui metode yang tepat,” jelas pria yang saat ini menjabat sebagai Dosen Psikologi FISIP UB. Selain itu, Ali juga memaparkan poin penting untuk dapat menembus jurnal-jurnal yang terindeks scopus  yang pastinya memiliki impact factor yang tinggi.

Pembicara kedua, Rachmat Kriyantono, yang merupakan Ketua Program Studi S2 Ilmu Komunikasi  Pascasarjana FISIP UB, menerangkan teknik penulisan dalam sebuah karya ilmiah. Baginya tulisan yang baik merupakan cerminan kesungguhan dari seorang penulis. Selain itu, Rachmat, juga memberikan beberapa kiat untuk dapat menembus jurnal-jurnal internasional yang terindeks scopus dan bereputasi.

“Sebelum penulis berencana membuat sebuah artikel ilmiah, maka hal yang paling utama harus dimiliki adalah (1) percaya diri untuk mampu membuat artikel bermutu, (2) setelah itu lakukan riset dengan baik yakni riset yang berorientasi jurnal, setelah itu (3) usahakan data sesuai standar publikasi internasional baik secara kualitas maupun kuantitas, karena (4) kualitas tulisan mencerminkan kualitas riset yang ada di dalamnya, dan jangan lupa (5) perhatikan template jurnal, (6) disamping itu penulis juga harus menggunakan bahasa Inggris yang baik dengan logika native speaker, (7) yang paling penting juga penulis darus menghindari plagiarism, dan (8) bila diperlukan, penulis dainjurkan menulis bersama pakar asing bereputasi,” jelasnya panjang lebar.

Rachmat Kriyantono, yang juga selaku Ketua Program Studi Magister FISIP UB selanjutnya menyampaikan “Diharapkan, acara ini memberikan modal berharga bagi mahasiswa untuk dapat menghasilkan karya ilmiah publikasi jurnal. Apalagi, mahasiswa baru diperbolehkan mengikuti ujian tesis jika telah menerima acceptance letter dari sebuah jurnal,” jelasnya saat diwawancarai di Gedung B FISIP UB. (Choiria/Humas FISIP)