Ditulis pada tanggal 11 Oktober 2018, oleh Humas FISIP, pada kategori Berita, Kegiatan

Ardian M Erlangga

Seiring berkembangnya teknologi, jurnalistik menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari industri media. Keberadaan berita dalam industri ini seakan-akan menjadi sebuah kewajiban sehingga tidak ada satupun media massa yang tidak memiliki progam khusus berita.

Untuk memberikan pemahaman tentang hal tersebut, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya, khususnya Jurusan Ilmu Komunikasi mengadakan kuliah tamu dengan tema “Indonesian Journalism New Landscape”. Kegiatan ini menghadirkan Ardyan M. Erlangga, Managing Editor Vice.com, selaku pemateri. Acara tersebut diadakan pada tanggal 08 Oktober 2018 bertempat di  Auditorium Nuswantara FISIP UB.

Dalam kegiatan ini, Yandri (panggilan dari Ardyan) menyampaikan bahwa gadget mengubah cara generasi muda dalam mengakses berita. “Ada transisi besar cara anak muda mengakses media dalam 5 tahun terakhir. Survey Nielsen tahun 2014 menunjukkan bahwa selain menonton televise, masyarakat juga mengakses internet pada jam primetime”, ungkapnya.

Yandri juga menjelaskan bahwa persentase konsumsi informasi dari internet  mencapai 44 persen. Oleh karena itu Vice memfasilitasi kebutuhan masyarakat akan suatu informasi. Vice merupakan perusahaan media yang hanya fokus menghadirkan dua jenis konten. Di antaranya adalah berita yang hanya ada di Vice, serta perspektif ataupun opini unik atas suatu peristiwa. (03/Fariza/Humas FISIP)