Ditulis pada tanggal 30 Oktober 2018, oleh Humas FISIP, pada kategori Berita, Kegiatan

WhatsApp Image 2018-11-15 at 5.09.24 PM

Gendhis merupakan salah satu Lembaga Semi Otonom (LSO) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya yang bergerak pada bidang seni tradisional seperti teater, karawitan dan tari kontemporer. Untuk mempertahankan seni tradisional tersebut Gendhis mengadakan Gendhis Show Up 2018 yang berisi pentas kolaborasi seni.

Gendhis Show Up 2018 yang bertajuk “Angkara: Manakala Tabiat Berseteru “ dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2018 di Gedung Serbaguna Merjosari. Kegiatan  ini menampilkan pentas kolaborasi seni teater, karawitan dan tari kontemporer dan naskah yang berjudul Belenggoe. Pesan yang terkandung dalam naskah tersebut adalah setiap hal baik atau buruk yang kita lakukan, akan menjadi ‘karma’ bagi diri sendiri ataupun salah satu keluarga kita di masa yang akan datang.

“Gendhis ingin mengenalkan dan mempertahankan seni tradisional, khususnya untuk mahasiswa FISIP. Mahasiswa yang tidak mengerti tentang seni teater, karawitan dan tari, kita tampung untuk belajar. Jadi kita bisa mempertahankan sekaligus belajar seni”, ungkap Choiril Syamsiah, selaku ketua pelaksana Gendhis Show Up 2018.

Dalam kesempatan ini, Choiril juga mengajak kepada mahasiswa yang hadir untuk kembali melihat masa lalu di saat orang-orang masih belum mengenal teknologi, namun sudah memiliki seninya sendiri. “Apa salahnya jika kita melihat kembali bagaimana kehidupan masa lampau nenek moyang kita. Tidak ada salahnya kita menyentuh hal-hal berbau seni tradisional, karena di situ banyak hal-hal yang menarik”, tutup Choiril. (02/Fariza/Humas FISIP)