Ditulis pada tanggal 28 Mei 2018, oleh Humas FISIP, pada kategori Berita, Kegiatan, Pengumuman

Yuyun Agus Riani

Ada lagi yang berbeda disuguhkan oleh mahasiswa dari Jurusan Ilmu Komunikasi (JIK) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB). Kali ini Auditorium Nuswantara yang menjadi latarnya.  Jumat, 25 Mei 2018, pukul 15.30 mahasiswa yang tergabung di kelas Public Speaking A2 dan A4 menyulap auditorium menjadi panggung teater untuk pertunjukan Ujian Akhir Semester (UAS) mereka. Judul yang diusung adalah “Kartini Kecewa”.

“Kartini Kecewa” dipilih karena menurut Yuyun Agus Riani, S.Pd., M.Sc., dosen pengampu mata kuliah Public Speaking, kita melihat perempuan-perempuan saat ini tidak bisa meneruskan semangat, jiwa, dan dedikasi Kartini. “Ini adalah realitas kenapa Kartini merasa kecewa sudah mengupayakan banyak hal untuk kita”, ujar Yuyun.

Selain itu, projek yang baru disiapkan setelah Ujian Tengah Semester (UTS) itu terbilang sukses dengan waktu yang terbilang singkat untuk melakukan persiapan pertunjukkan yang berdurasi kurang lebih satu jam itu. Pertunjukkan tersebut menyajikan cerita cerita-cerita pendek mengenai kekerasan terhadap perempuan yang sering kali terjadi, tetapi tidak disadari. Di sela-sela cerita dibacakan puisi tentang perempuan yang menuntun kesadaran audiens untuk menyadari betapa perempuan layak untuk dihargai.

Pertunjukkan yang menggunakan metode Performance Research (PR) tersebut bertujuan untuk  untuk membuat audience memiliki pemikiran kritis serta memiliki perubahan sikap dan perilaku. “Tujuan pertama adalah membuat audiens memiliki kesadaran untuk anti women violence. Kedua, membuat mereka mengetahui jenis-jenis violence yang mungkin ada di  sekitar kita yang tidak disadari,” lanjut Yuyun. Kemudian acara tersebut ditutup dengan statement seluruh hadirin di Auditorium Nuswantara sambil berdiri dan mengepalkan tangan  mengucapkan dengan lantang: “Kami bersama seluruh rakyat Indonesia mengucapkan STOP WOMEN VIOLENCE!”. (Charisma / Humas FISIP)