Ditulis pada tanggal 16 Oktober 2018, oleh Humas FISIP, pada kategori Berita, Kegiatan

Rhino Ariefiansyah

Mahasiswa memiliki tuntutan untuk bisa dan mahir dalam membuat penelitian, karena hal tersebut merupakan salah satu syarat kelulusan. Kurangnya pemahaman tentang metode penelitian dapat menjadi hambatan bagi mahasiswa itu sendiri

Untuk  mengatasi masalah tersebut, Pascasarjana dan Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya mengadakan workshop pada 10 Oktober 2018 yang berjudul “Pengembangan Kapasitas Mahasiswa”. Kegiatan yang diadakan di Gedung A Lantai 5 FISIP UB tersebut menghadirkan Rhino Ariefiansyah (Dosen Antropologi Sosial Universitas Indonesia) sebagai pemateri.

“Seorang mahasiswa akhir perlu memperhatikan konsentrasi. Bukan sekedar konsentrasi biasa, tapi konsentrasi dalam hal mencatat dan merekam hasil observasinya agar penelitian tersebut menghasilkan hasil yang baik,” ungkap Rhino di sela-sela kegiatan.

Dalam workshop yang dihadiri oleh beberapa mahasiswa S1 dan S2 tersebut, Rhino juga menyampaikan bahwa catatan lapang digunakan untuk mencatat perubahan-perubahan dalam proses pembelajaran yang tidak ada dalam pedoman observasi. “Catatan lapang adalah mencatat hasil yang diperoleh peneliti pada saat penelitian untuk mendapatkat data sedetail mungkin,” ungkapnya. (03/Fariza/Humas FISIP)