Ditulis pada tanggal 2 Desember 2016, oleh Humas FISIP, pada kategori Berita, Kegiatan, Pengumuman

IMG_0264a

Tim PSIK FISIP UB mengadakan soft launching Media Center pada tanggal 01 Desember 2016 di ruang sidang lantai 7, gedung A FISIP UB. Media center ini berfungsi untuk menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi bagi wartawan terkait isu-isu terkini.

Kegiatan yang menghadirkan Dekan Fakultas Teknik dan Dosen Sosiologi FISIP UB sebagai narasumber serta para wartawan sebagai peserta, mencoba berdiskusi untuk membahas masalah banjir yang baru-baru ini melanda kota Malang.

Dekan Fakultas Teknik berpendapat bahwa walaupun topografi di Malang masih curam, namun jaringan drainase belum berfungsi dengan baik, sehingga banjir bisa terjadi. Menurut beliau konsep drainase konfensional yaitu dengan menggunakan beton dan mengarahkan semua aliran air ke sungai harus dirubah menggunakan konsep sumur serapan dan drainase yang ramah lingkungan.

Dari sudut pandang Ilmu Sosiologi, menurut Iwan Nurhadi, banjir sebenarnya dapat dicegah melalui hal-hal yang paling kecil, yaitu membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya.

Menanggapi kejadian banjir di Malang akhir-akhir ini, narasumber sebenarnya tidak tinggal diam, mereka berusaha menghimpun kekuatan antara akademisi, bisnis dan pemerintah untuk memikirkan infrastruktur Malang ke depan. Karena dikhawatirkan apabila hal ini tidak ditangani dengan sigap, lima tahun ke depan banjir di Malang akan semakin parah.(humas FISIP)