Ditulis pada tanggal 2 Oktober 2017, oleh Humas FISIP, pada kategori Berita, Kegiatan, Pengumuman

IMG_9756a IMG_9790a IMG_9795a

Jurusan Sosiologi dari Universitas Negeri Surakarta (UNS) belajar tentang pengaplikasian Penelitian Big Data pada Laboratorium Terpadu di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB).

Dalam kunjungan yang diwakili oleh sekitar 15 orang pada hari Senin, 2 Oktober 2017 di FISIP UB, Jurusan Sosiologi UNS berniat untuk mempelajari tentang Laboratorium Terpadu yang dimiliki oleh FISIP UB dan bagaiamana cara melakakukan penelitian dengan menggunakan Big Data.

Kunjungan tersebut disambut oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UB, Siti Kholifah, Ph,D dan juga Ketua dari Laboratorium Terpadu FISIP UB, Dr. Cleoputri Yusainy.

Dalam sambutannya, Dr. Cleoputri Yusainy menjelaskan bahwa penelitian Big Data sangat diperlukan untuk mencari data valid dari ribuan data mentah.”Kami sempat melakukan sebuah penelitian, untuk melihat peta dari mahasiswa yang berminat untuk kuliah di FISIP UB itu jika dilihat dari daerah asalnya dan seperti apa perkembangannya dari tahun 2004 sampai tahun 2016”, ujar Cleo.

“Dari data itu akhirnya dapat terkoneksikan, bahwa mahasiswa yang cepat lulus di dominasi dari daerah mana, yang IP baik dan IP jelek dari daerah mana, dan seterusnya’, tambahnya.

Dengan mempelajari hal yang sangat sederhana seperti itu, diharapkan nantinya dapat memberi kontribusi lebih jauh dalam memetakan jika mahasiswa terancam masa studinya. Selain itu, kita memiliki pemahaman lebih untuk mengambil tindakan yang lebih baik dilihat dari data dari sosial ekonomi dan parameter lain yang bisa dimanfaatkan untuk mencari solusi oleh bidang akademik Fakultas. (Rama / Humas FISIP)