Ditulis pada tanggal 18 Mei 2017, oleh Humas FISIP, pada kategori Berita, Kegiatan, Pengumuman

bojonegoro (2) bojonegoro (5) bojonegoro (7) bojonegoro (9)exxon (3) exxon

Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi angkatan 2016 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) pada (08/05/17) melakukan kunjungan ke Kabupaten Bojonegoro dengan dua tujuan yakni Pemkab Bojonegoro dan Exxon Mobil Cepu Limited. Kunjungan kali ini merupakan studi praktis bagi mahasiswa bersama jajaran pengajar untuk langsung terjun ke lapangan guna mempelajari kiprah para praktisi dan ahli bidang komunikasi. Sebanyak 21 orang mahasiswa bersama tiga orang dosen pendamping dari Pascasarjana Ilmu Komunikasi FISIP UB yang sekaligus masing-masing pendamping tersebut menjabat sebagai Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UB, Dr. Antoni; Ketua Program Studi Magister Ilmu komunikasi, Rachmat Kriyantono, Ph.D; dan Ketua PSIK FISIP UB sekaligus Staf Ahli Wakil Rektor IV UB bidang Perencanaan dan Kerjasama, Maulina Pia Wulandari, Ph.D.

Kunjungan ke Pemkab Bojonegoro bertujuan untuk belajar langsung komunikasi politik dan tata kelola pemerintahan yang dilakukan oleh Kang Yoto dengan menggunakan pendekatan Open Government Participation dan pengolaan data menggunakan Big Data Analysis. serta pemerintahan yang berbasis database elektronik yang diarahkan menuju “Bojonegoro Smart” atau smart city. Selain memaparkan beberapa kegiatan politik dan pemerintahan Kang Yoto juga menawarkan beberapa kerjasama penelitian dengan Universitas Brawijaya untuk memetakan konsep Open Government Participation dan pemanfaatan Big Data dalam pemerintahan.

Selanjutnya kunjungan dilanjutkan ke Exxon Mobil Cepu Limitted. Di Exxon, Mahasiswa disambut dan diberikan materi oleh Pak Dave Setta dan Pak Rexy Mawardijaya, selaku Public And Government Affair Exxon Mobil Cepu Limitted. Materi yang disampaikan oleh Exxon berkenaan dengan materi stakeholder identification and management, corporate social responsibility, dan crisis communication plan. Selain materi dari Exxon, mahasiswa juga menerima materi dari SKK Migas yang diberikan oleh perwakilan Humas SKK Migas Regional Jawa Bali dan Nusa Tenggara, Pak Sigih Perdana, tentang fungsi dan peran SKK Migas di Indonesia. Dalam forum tersebut, sebagai dosen Public Relations, Maulina Pia Wulandari, Ph.D menyampaikan bahwa PR atau Humas menjadi bagian penting organisasi atau perusahaan agar selalu ditempatkan di level top management. Berikutnya, rangkaian acara dilanjutkan dengan company tour yang dipimpin langsung oleh Divisi Public And Government Affairs Exxon Cepu Limitted, Rexy Mawardijaya.

Melalui rangkaian kegiatan ini, Rachmat Kriyantono, Ph.D menjelaskan bahwa kegiatan studi praktis ini sebagai salah satu program unggulan dalam peningkatkan kualitas lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UB. Sementara itu, Dr. Antoni memberikan apesiasi terhadap program studi luar kelas yang telah dilakukan ini. Beliau menegaskan bahwa melalui program ini, diharapkan ke depannya dapat tercipta kerjasama berkelanjutan antara Universitas Brawijaya dengan Pemkab Bojonegoro dan Exxon Mobil. “Iklim akademis dengan latar belakang keilmuannya yang beragam dapat memberikan sumbangsihnya dalam peningkatan pengabdian dan pengembangan masyarakat sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi”.(Ferdy / Humas FISIP)