FISIP UB memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas, memiliki disiplin dan etos kerja, sehingga mampu menjadi tenaga akademis dan profesional yang tangguh dan memiliki daya saing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Terbangunnya sistem pengelolaan fakultas yang bermutu dan bereputasi sejalan dengan UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan yang relevan di bidang ilmu sosial dan politik melalui pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi untuk mencetak insan-insan yang sadar bahwa setiap kehidupan mempunyai hak untuk dihargai dan bermanfaat.
  4. Keterjangkauan, kesetaraan, dan keterjaminan akses untuk memperoleh pendidikan tinggi di bidang ilmu sosial dan politik.
  5. Kemampuan dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan konsep pemecahan masalah dengan menggunakan metode ilmiah.
  6. Interaksi dengan masyarakat internasional dan global yang mencerminkan hubungan timbal balik yang selaras dan saling menguntungkan.