Tingkatkan Penelitian, FISIP UB Gelar Konferensi Internasional Terindeks Scopus

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB)  semakin memperluas jaringan nasional dan internasional dengan menggelar konferensi internasional Brawijaya International Conference on Social and Political Sciences (B-SPACE) pada hari Selasa, 26 November 2019 hingga Kamis, 28 November 2019. B-SPACE dilaksanakan setiap tahun dengan luaran proceeding terindeks Scopus. Tema B-SPACE tahun ini adalah “Gender and Digital Society 4.0”.

Dekan FISIP UB Prof. Dr. Unti Ludigdo, SE, M.Si., Ak. berharap B-SPACE dapat menjadi bagian dari penyelesaian masalah sosial politik di Indonesia. “BSPACE adalah momen yang bagus untuk peneliti di bidang sosial politik bisa berbagi pengetahuan juga pengalaman”, ujar Unti.

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi makalah dari berbagai civitas akademika di Gedung A dan B FISIP UB. Di salah satu ruang presentasi yang di moderatori Widya Pujarama, S.Ikom., M.Communication dibahas peran media sosial dalam diskursus polarisasi politik pada Pemilu 2019. Hasil penelitian menunjukkan dominasi Jokowi dalam trending topic di Twitter sejalan dengan kemenangan Jokowi pada Pilpres 2019.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan workshop untuk memperbaiki makalah berdasarkan masukan-masukan yang didapatkan saat presentasi sehingga hasil penelitian para akademisi tersebut dapat menjadi lebih baik dan komprehensif. “Di acara ini saya bisa bertemu dengan para akademisi dan karya-karya mereka yang membahas berbagai fenomena yang unik dan menarik, semoga tahun depan saya bisa mengikuti kegiatan BSPACE lagi,“ ujar Madeline Jahamou, S.IP, salah satu presenter acara yang merupakan alumni Program Studi Hubungan Internasional FISIP UB.(09/Fariza/Humas FISIP)