Disertasi Mahasiswa Doktor Sosiologi FISIP UB Buktikan Perubahan Masyarakat Menjadi Lebih Baik Melalui Pesantren Rakyat

Program Doktor Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) terus meningkatkan kapabilitasnya dalam meluluskan para doktor berkualitas di bidang sosiologi. Salah satu lulusan tersebut yaitu Sutomo, S.Ag., M.Sos yang berhasil mendapatkan gelar Doktor Sosiologi setelah melakukan ujian disertasi pada hari Kamis, 5 Desember 2019 di Ruang 5.3 Gedung A FISIP UB.

Sutomo membahas disertasinya yang berjudul “Modal Sosial dalam Pembangunan: Studi tentang Penguatan Modal Sosial dalam Pemberdayaan Komunitas Pesantren Rakyat Sumberpucung Kabupaten Malang”. Pada disertasi tersebut Sutomo membahas tentang peran kyai dalam masyarakat dan faktor-faktor yang mempengaruhi penguatan modal sosial di Pesantren Rakyat Sumberpuncung.

“Pola memperbaiki individu dalam pendidikan sangat mungkin dilakukan,” ujar Sutomo. Sutomo  menjelaskan bahwa sistem pendidikan yang dilakukan di Pesantren Rakyat Sumberpucung menekankan bahwa agama tidak hanya merupakan hubungan antara individu dengan Tuhannya, namun juga antara individu dengan individu lainnya. Pesantren Rakyat tersebut juga mengkonstruksi bahwa sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna bagi manusia lain sehingga untuk menjadi individu yang menjalankan agamanya dengan baik tidak hanya diperlukan pemahaman agama yang baik saja, namun juga perilaku yang baik di masyarakat.

Dengan adanya penelitian ini, Sutomo berharap sistem pendidikan di Pesantren Rakyat Sumberpucung tersebut dapat menjadi contoh bagi pesantren-pesantren lain agar pendidikan agama tidak hanya berguna bagi satu individu saja namun juga bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya. (09/Rama/Humas FISIP)