CloseMenu
CloseMenu
Departemen Ilmu Komunikasi UB Beri Beasiswa Pelatihan Public Speaking untuk Mahasiswa se-Malang Raya
FISIP Award: Penghargaan untuk Unit Kerja Berprestasi
18 Mahasiswa The University of Queensland Belajar Budaya dan Bahasa Indonesia di Ilmu Komunikasi UB
Capaian Capaian FISIP yang Meningkat Selama Tahun 2023
Judi Online Marak, Dosen Sosiologi UB: Efek Kurangnya Literasi Teknologi Informasi
Program Jingga Mangun Karsa, BEM FISIP UB Berdayakan Kampung Topeng
FISIP UB Bakti Desa - JANTRA

Latar
Belakang

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) atau dikenal juga dengan istilah Kuliah Kerja Nyata (KKN), tahun 2024 ini dikemas dalam program Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang disebut FISIP Bakti Desa (FBD). Kegiatan ini merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa pendidikan program sarjana (Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 14 ayat 8 dan Pertor UB No 18 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Universitas Brawijaya Tahun Akademik 2021/2022). FISIP Universitas Brawijaya memfasilitasi pelaksanaan kegiatan FBD JANTRA bagi mahasiswa melalui tema besar pariwisata yang terintegrasi dengan berbagai potensi desa di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Gunung Kawi dan desa-desa sepanjang pantai selatan Kabupaten Malang. 

Sebagai penyelerasan spirit tersebut, maka diusunglah tema besar FBD JANTRA yakni Journey of Arancia Unveilling Triangle (JANTRA).

Tujuan & manfaat

Tujuan
  1. Mengimplementasikan hasil pembelajaran dan riset mahasiswa serta dosen ke dalam kegiatan sehari-hari masyarakat, khususnya di bidang pariwisata, seni dan budaya, lingkungan dan bencana, serta layanan publik.
  2. Memfasilitasi interaksi sosial yang intensif antara mahasiswa dan masyarakat, dengan harapan dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dalam memahami dan menerapkan pengetahuan dan teknologi yang dipelajari mahasiswa.
  3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Gunung Kawi dan desa-desa sepanjang pantai selatan Kabupaten Malang.
  4. Membentuk kemitraan yang berarti dengan pemerintah dan perusahaan-perusahaan swasta dalam upaya peningkatan kualitas pariwisata, lingkungan dan kehidupan masyarakat pedesaan.
  5. Membekali mahasiswa dengan pengalaman nyata dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka, yang pada akhirnya akan membantu mereka menjadi tenaga kerja yang lebih produktif dan efisien di masa depan.

Manfaat

  • Perubahan positif yang signifikan bagi masyarakat Kabupaten Malang
  • Kontribusi perusahaan swasta untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat
  • Menciptakan kegiatan acara yang mengesankan dan bermakna

Tema Kegiatan

FBD JANTRA tahun ini mengusung tema besar yakni Pengembangan Kawasan Pedesaan Berbasis Sosial Budaya Berkelanjutan dengan tema spesifik sebagai berikut:

  1. Tema Pariwisata Desa
  2. Tema Cultural Empowerment
  3. Tema Literasi Budaya
  4. Lingkungan dan Kebencanaan
  5. Motivasional Inspiratif
  6. Sociopreneur

KERJA SAMA

Unduh Buku Panduan PkM KKN

Frequently Asked Questions (FAQ)

Pertanyaan yang sering muncul dan jawabannya

Asuransi kesehatan berfungsi apabila terdapat kecelakaan atau hal-hal lain yang tidak diinginkan ketika pelaksanaan FBD JANTRA. Apabila tidak memiliki BPJS atau asuransi lainnya dapat mengupload surat keterangan bahwa tidak memiliki BPJS sesuai format.

BPJS, KIS, Askes atau asuransi kesehatan lainnya.

Silahkan unggah dan diberi keterangan bahwa BPJS sedang mati dan akan diaktifkan kembali. Untuk informasi lebih lanjut, silakan akses website BPJS Kesehatan.

Surat keterangan sehat digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan mahasiswa yang dapat diperoleh di RS, puskesmas, klinik, atau instansi kesehatan lainnya.

Silakan mengikuti Pembekalan Tema dan Umum FBD JANTRA untuk informasi lebih detail tentang pelaksanaan program.

Dalam kegiatan FBD JANTRA ini kelompok diacak oleh sistem sehingga akan berbeda program studi.

Apabila sudah mendaftar, melaksanakan seluruh rangkaian acara FBD JANTRA, dan ujian maka nilai akan otomatis masuk di semester antara.

FBD JANTRA ini untuk memfasilitasi Mata Kuliah Wajib Pengabdian Kepada Masyarakat sebesar 4 SKS. Silakan dapat dikonsultasikan kepada Ketua Program Studi, Ketua Departemen atau Wakil Dekan 1 Bidang Akademik.

 

Mahasiswa diperbolehkan tidak mengikuti FBD JANTRA jika ditugaskan kegiatan lain atas nama universitas sehingga dianjurkan mengikuti FBD JANTRA tahun depan. Sebagai alternatif lain, mahasiswa dapat (1) berpartisipasi dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan dosen dengan durasi 181,3 jam atau setara dengan 4 SKS; (2) mengikuti MBKM Membangun Desa atau (3) mengikuti MBKM Kemanusiaan.

Silahkan melihat tombol unduh yang ada diatas FAQ

Silakan konsultasikan dengan DPL agar rancangan program disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa. Jika memungkinkan, kelompok mahasiswa secara kolaboratif mengajukan permohonan proposal kepada instansi lain yang dapat membantu.


Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi Crisis Center.

Masih butuh bantuan?

Temukan kami pada kontak berikut ini