CloseMenu
CloseMenu
Departemen Ilmu Komunikasi UB Beri Beasiswa Pelatihan Public Speaking untuk Mahasiswa se-Malang Raya
FISIP Award: Penghargaan untuk Unit Kerja Berprestasi
18 Mahasiswa The University of Queensland Belajar Budaya dan Bahasa Indonesia di Ilmu Komunikasi UB
Capaian Capaian FISIP yang Meningkat Selama Tahun 2023
Judi Online Marak, Dosen Sosiologi UB: Efek Kurangnya Literasi Teknologi Informasi
Program Jingga Mangun Karsa, BEM FISIP UB Berdayakan Kampung Topeng

Kolaborasi dengan Pemkab Malang, FISIP dan FIB Kirim 1668 Mahasiswa ke Desa

Kamis (20/6/24), Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi M.M. dan civitas akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menghadiri agenda penyerahan mahasiswa akan mengikuti FISIP dan FIB Bakti Desa (FBD) yang akan dilaksanakan di 45 desa yang ada di Kabupaten Malang.

 

“Jadi ini adalah kolaborasi antara pemerintah daerah, perguruan tinggi, pengusaha, dan masyarakat. Semua kerja bareng untuk mengatasi persoalan-persoalan bangsa,” tutur Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi M.M. dalam sambutannya.

 

Bupati menyampaikan bahwa pemilihan desa yang menjadi lokasi FISIP dan FIB Bakti Desa (FBD) merupakan desa yang memiliki taraf ekonomi menengah ke bawah sehingga ia berharap para mahasiswa dapat berinovasi dan membangkitkan ekonomi desa tersebut.

 

“Kami tidak ingin para mahasiswa dari perguruan tinggi itu hanya berkiprah di bidang keilmuan, tanpa adanya aksi nyata. Maka dari itu kami, FISIP dan FIB UB, berkolaborasi dengan Pemkab Malang untuk mewujudkan keinginan kami itu. Bagaimana setiap elemen itu dapat berkontribusi dalam pembangunan bangsa,” ujar Dekan FISIP Prof Anang Sujoko S.Sos., M.Si., D.COMM.

 

Selain itu, Ia juga berharap para mahasiswa dapat mengoptimalkan ilmu yang selama ini telah mereka dapatkan di bangku kuliah dan mengaplikasikan ilmu-ilmu tersebut dalam program-program yang dibawakan untuk desa.

 

Kecamatan yang menjadi lokasi FISIP dan FIB Bakti Desa (FBD) adalah Tumpang, Poncokusumo, Wajak, Tajinan, Ampelgading, Dampit, Sumbermanjing Wetan, Gedangan, Bantur, Donomulyo, Wonosari, Ngajum, Wagir, Kalipare, dan Tirtoyudo.

 

“Juga tadi dari Pak Bupati juga berjanji, kalah butuh bantuan finansial dan material, kalau program itu jelas dan memiliki kepastian yang bagus, (akan dibantu), Pak Bupati siap,” tambahnya.

 

Kegiatan FISIP dan FIB Bakti Desa (FBD) ini diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap kehidupan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang dituju. (Fazlar/Humas FISIP)

Share:

Pengumuman Terbaru