CloseMenu
CloseMenu
Mendadak Pentas, Kolaborasi FBD UB dan Warga Desa Tumpakrejo
FBD UB 81 Ciptakan Kebiasaan Baru Literasi 15 Menit di MTs Raden Fatah Ampelgading
FBD UB 56 ANGKAT BUDAYA JARANAN DI DESA PURWODADI MELALUI PROGRAM FESTIVAL BUDAYA
Solusi Pertanian Berkelanjutan, FBD UB 15 Sukses Terapkan Program Akuaponik di Desa Sukoanyar
Kolaborasi FBD UB 40 dengan Warga Sindurejo Kabupaten Malang
Dorong Kemajuan Perekonomian Desa, FBD UB Kelompok 70 Ciptakan Policy Brief untuk Pembuatan BUMDes

FBD UB 56 ANGKAT BUDAYA JARANAN DI DESA PURWODADI MELALUI PROGRAM FESTIVAL BUDAYA

Kelompok FISIP-FIB Berbakti Desa (FBD UB) 2024 telah melaksanakan penutupan dan perpisahan kegiatannya melalui program kerja Festival Budaya: Kala Jatra Mahotsava di Desa Purwodadi, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

 

Setelah sukses menyelesaikan dua program kerja lainnya, Ruang Bertumbuh dan Pengajaran di SD Purwodadi 2 dan SD Purwodadi 4, Kelompok 56 FBD UB melaksanakan program kerja terakhir ini dengan berkolaborasi bersama SD Purwodadi 2 dan Karang Taruna Mandiri Dusun Purworejo Kidul, Desa Purwodadi.

Acara ini dilaksanakan di lapangan Sekolah Dasar Purwodadi 2. Meskipun diadakan di lingkungan sekolah, tetapi acara tersebut terbuka untuk umum.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Desa, Kholin; Ketua Badan Pengawas Daerah, Rudi Purwanto; Kepala Dusun Purworejo Kidul, Joko Sasetyono; Kepala SD Purwodadi 2 dan SD Purwodadi 4, Hamidah Nurul Hayati; Dosen Pembimbing Lapangan, Prof. Dr. Ali Maksum, M.Ag., M.Si; Ketua RT dan RW Dusun Purworejo Kidul dan Dusun Sidorejo, serta warga Desa Purwodadi.

 

Kegiatan diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Kelompok KKN 56 FISIP-FIB UB. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Sekolah SD Purwodadi 2, Kepala Dusun Purworejo Kidul, dan Sekretaris Desa Purwodadi. Sambutan ditutup dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Bapak Kholin sebagai Sekretaris Desa sebagai simbolisasi dimulainya acara Festival Budaya.

 

Penampilan pertama dibuka dengan lantunan sholawat yang ditampilkan oleh ekstrakurikuler Al-Banjari SD Purwodadi 2. Selanjutnya, terdapat penampilan menyanyikan seni campursari oleh Vania, sebagai salah seorang siswi SD Purwodadi 4. Setelah itu, dilanjutkan dengan penampilan tari dari tiga kelompok tari yang dibawakan oleh para siswi SD Purwodadi 2 dan SD Purwodadi 4.

 

Selain berkolaborasi dengan ekstrakurikuler SD Purwodadi 2 dan SD Purwodadi 4, kelompok 56 juga berkolaborasi dengan Sanggar Gita Rama dalam menampilkan tari daerah ini. Terakhir, puncak acara ditutup dengan penampilan jaranan dari komunitas lokal Desa Purwodadi, Paguyuban Panji Asmoro.

 

Narji, ketua Paguyuban Seni Jaranan Panji Asmoro dan Andi sebagai pengurus Karang Taruna Dusun Purworejo Kidul mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa FBD UB karena dengan mengangkat seni jaranan melalui Festival Budaya, membuat semangat untuk mengaktifkan seni jaranan kembali.

 

“Jaranan ini kan sudah lama vakum, tetapi karena ada tampil di festival budaya jadi pengen mengaktifkan lagi jaranan yang udah lama vakum ini,” ungkap Andi.

 

“Rencananya setelah KKN jaranan ini akan diresmikan. Jadi, penampilan jaranan di festival budaya itu menjadi pembuka sebelum akhirnya resmi diresmikan,” sambung Narji.

 

Acara Festival Budaya ini berhasil digelar dengan lancar dan meriah dengan ramainya dukungan dari kehadiran masyarakat setempat. Harapannya kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap masyarakat desa dalam pelestarian budaya lokal.

Share:

Latest Announcements