Pelayanan publik di FISIP UB dinilai berjalan dengan baik. Hal ini sesuai dengan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilakukan oleh Universitas Brawijaya.
Pada tahun 2021 lalu, UB melakukan survei dengan penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form baik melalui media sosial (Facebook, Instagram, WhatsApp, Mailing list UB) maupun melalui pemberitahuan surat resmi dengan harapan lebih mudah dicapai oleh responden di tengah kondisi pandemi Covid-19.
Survei tersebut juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan data dukung Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT versi 3.0), sistem manajemen ISO 9001:2008, evaluasi perbaikan layanan UB, dan sekaligus merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di UB.
SKM sendiri dilaksanakan secara rutin dan berkala yaitu satu kali dalam setahun (dilaksanakan akhir tahun) dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kualitas layanan di UB sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik pada tahun berikutnya dan seterusnya.
Hasilnya, pelayanan publik di FISIP dinilai baik pada tahun 2021 lalu. Sementara untuk nilai konversi mencapai 78,10. Dari nilai ini, FISIP berada di posisi 7 dari 18 Fakultas/Program yang ada di UB.
Pada SKM kali ini juga dinilai bagaimana pelayanan di masing masing jurusan. Di FISIP, jurusan Sosiologi menjadi jurusan yang paling baik dengan nilai 81,94. Kemudian jurusan Politik Pemerintahan dan Hubungan Internasional dengan nilai 81,13. Selanjutnya jurusan Psikologi dengan nilai 79,95. Dan jurusan Ilmu Komunikasi dengan nilai 74,10.
Secara keseluruhan berdasarkan hasil SKM, ada peningkatan drastis untuk pelayanan di FISIP dari tahun 2019 ke tahun 2021. Pada tahun 2019 nilai konversi SKM FISIP hanya 71,92 dan meningkat drastis pada tahun 2021 mencapai 78,10. (Humas FISIP)