CloseMenu
CloseMenu
Mendadak Pentas, Kolaborasi FBD UB dan Warga Desa Tumpakrejo
FBD UB 81 Ciptakan Kebiasaan Baru Literasi 15 Menit di MTs Raden Fatah Ampelgading
FBD UB 56 ANGKAT BUDAYA JARANAN DI DESA PURWODADI MELALUI PROGRAM FESTIVAL BUDAYA
Solusi Pertanian Berkelanjutan, FBD UB 15 Sukses Terapkan Program Akuaponik di Desa Sukoanyar
Kolaborasi FBD UB 40 dengan Warga Sindurejo Kabupaten Malang
Dorong Kemajuan Perekonomian Desa, FBD UB Kelompok 70 Ciptakan Policy Brief untuk Pembuatan BUMDes

Kolaborasi FBD UB 40 dengan Warga Sindurejo Kabupaten Malang

Mahasiswa FISIP-FIB Berbakti Desa Universitas Brawijaya (FBD UB) Kelompok 40 menyelenggarakan kegiatan untuk mengembangkan pengajaran serta penambahan dan penguatan pendidikan, minat, dan bakat di bidang akademik maupun non-akademik di TK, SD, maupun MTS di Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. 

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga minggu dengan jadwal pengajaran yang terstruktur di tiap minggunya. Kegiatan ini memiliki fokus yang berbeda-beda di empat sekolah tersebut dengan output yang sama yaitu penampilan berbentuk pentas seni sebagai pembuktian dari pengajaran di bidang non-akademik yang telah diajarkan.

 

Pihaknya mengadakan beberapa detail pengajaran yang berbeda-beda. Kegiatan dimulai dengan pengajaran di SD Negeri 1 Sindurejo dengan fokus pengajaran akademik di beberapa mata pelajaran serta penambahan pengajaran non-akademik dalam bidang desain grafis, english club, sepakbola, dan tari tradisional. 

 

Kemudian dilanjutkan dengan pengajaran di SD Negeri 2 Sindurejo dengan fokus pengajaran akademik di beberapa mata pelajaran serta penambahan pengajaran non-akademik dalam bidang fotografi dan juga tari tradisional. Kemudian pengajaran kami lanjutkan di TK Dharma Wanita Persatuan 2 Sindurejo dengan fokus pada perlombaan mewarnai sekaligus memberikan pengetahuan budaya pada Kelompok A dan perlombaan melukis tempeh pada Kelompok B dengan harapan dapat menumbuhkan tingkat kreativitas anak-anak sedari kecil. 

 

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengajaran non-akademik berupa pengajaran akan tari tradisional. Kegiatan pengajaran dilaksanakan di MTS Al – Hikmah dengan fokus pengajaran akademik di beberapa mata pelajaran, pengajaran non-akademik dalam bidang musikalisasi puisi serta penambahan sosialisasi yang mendalam, edukasi tentang dampak negatif dan cara pencegahan cyberbullying ketika kegiatan MPLS MTS Al – Hikmah.

 

Seluruh kegiatan yang diadakan di empat sekolah tersebut berjalan dengan baik. Seluruh pihak mulai dari siswa, guru, maupun orang tua murid sangat antusias dan menyambut hangat kegiatan yang doadakan tersebut terutama kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas/pengajaran non-akademik. 

 

Salah satu alasan murid-murid di empat sekolah tersebut bersemangat untuk mengikuti pengajaran non-akademik adalah akan ditampilkannya pengajaran-pengajaran tersebut pada pentas seni di akhir masa FBD UB Kelompok 40 ini. Masing-masing sekolah dipersilahkan untuk menampilkan pengajaran non-akademik yang sudah diajarkan oleh FBD UB 40 pada pentas seni tersebut yang akan dihadiri banyak sekali masyarakat Desa Sindurejo. 

 

Pentas seni ini juga menjadi wadah perpisahan dari mahasiswa FBD UB 40 selama pengabdian di Desa Sindurejo selama 42 hari. Pentas seni yang bertajuk Laras Serenada ini berhasil diadakan di Balai Desa Sindurejo dengan mengundang banyak sekali elemen masyarakat di Desa Sindurejo, terutama elemen masyarakat yang berkaitan erat/langsung dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat kami selama di Desa Sindurejo. 

 

“Alhamdulillah, kegiatan pentas seni bertajuk Laras Serenada ini berhasil kami laksanakan dengan baik, banyak sekali elemen masyarakat yang hadir dalam acara siang-sore hari ini dan seluruh masyarakat yang hadir pun menikmati acara yang kami berikan, mulai dari penampilan tari tradisional, musikalisasi puisi, story telling, dan menyanyi,” ucap Koordinator Desa KKN Jantra UB Kelompok 40, Raden Muhammad Izzan.

 

“Tentunya kegiatan ini harapannya dapat menjadi wadah perpisahan yang baik dari kelompok KKN kami kepada seluruh masyarakat Desa Sindurejo. Selain itu kegiatan ini juga diadakan untuk memberikan wadah bagi murid-murid dari empat sekolah yang kami berikan pengajaran non-akademik untuk dapat tampil di depan khalayak umum. Kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa kegiatan pengajaran non-akademik kami kepada seluruh sekolah yang kami ajarkan berhasil karena mereka dapat menampilkan pengajaran yang kami berikan di atas panggung,” sambung Raden Muhammad Izzan.

 

Sebagai penutup acara, FBD UB 40 menjadi perwakilan untuk memberikan plakat kepada Kepala Desa Sindurejo sebagai simbolis perpisahan kegiatan pengabdian kelompok di Desa Sindurejo. Acara ditutup dengan 21 mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 40 KKN Jantra UB yang menaiki panggung untuk menyampaikan kata-kata perpisahan untuk seluruh masyarakat Desa Sindurejo yang hadir dalam pentas seni tersebut.

Share:

Pengumuman Terbaru