Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Brawijaya yang diketuai oleh Prof. Anang Sujoko, S.Sos., M.Si., D.COMM memberikan solusi konkret berupa pembentukan Tim Digital Marketing untuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Gubugklakah.
Tim Digital Marketing ‘Gubugklakah’ dibentuk melalui forum training and sharing yang dihadiri Tim Pengabdian Universitas Brawijaya Prof. Anang Sujoko (FISIP UB), Rachmad Andri Atmoko (Fakultas Vokasi UB), Mahasiswa FISIP dan Vokasi U. Sementara dari sisi Praktisi Digital Marketing, Lalu Nurkholis (Desa Wisata Bilibante Lombok) dan 15 anggota perwakilan Pokdarwis yang dipimpin oleh Heri Siswoyo (Sekretaris Pokdawis Gubugklakah).
Semangat yang dibawa Tim Digital Marketing ialah kolaborasi triple-helix yang melibatkan organisasi masyarakat (Pokdarwis Gubugklakah), Praktisi Digital Marketing dan Akademisi dari Universitas Brawijaya.
Semangat ini diwujudkan dalam keanggotaan Tim Digital Marketing Gubugklakah yang beranggotakan 5 perwakilan dari Pokdarwis, 1 Praktisi Digital Marketing dan 5 perwakilan Akademisi Universitas Brawijaya yang terdiri dari asisten dosen dan mahasiswa.
Kinerja awal yang akan dilakukan Tim Digital Marketing Gubugklakah yaitu Pertama, mengaktivasi dan optimalisasi Website Desa Wisata Gubugklakah. Kedua, menata ulang akun sosial media Desa Wisata Gubugklakah untuk sarana branding and marketing. Ketiga, mengelola database pengunjung Gubugklakah untuk digital marketing.
Terbentuknya Tim Digital Marketing Gubugklakah merupakan rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat yang sebelumnya dilakukan FGD memediasi kebangkitan struktur kepengurusan baru Pokdarwis Gubugklakah. Program Pengabdian Masyarakat ini dibawah naungan DRPM Universitas Brawijaya yang mendapatkan pendanaan dari DRTPM Kemendikbud.